Kos

Kos, atau disebut juga indekos, menurut KBBI berarti tinggal di rumah orang lain dng atau tanpa makan (dng membayar setiap bulan); memondok.

Kenapa tiba - tiba gw, si mahasiswa baru, ngebahas kos?
Ya, ga lain karena tempat tinggal merupakan sesuatu yang penting untuk mahasiswa, khususnya di "perantauan". Yang nge-kos pun ga cuma mahasiswa, tetapi orang kantoran banyak juga yang kos.

Adakah yang masih belum tau tempat kos kayak apa?
Sebenarnya bervariasi. Mulai dari pondokan kecil, atau bangunan besar yang isinya semua kamar - kamar - kamar.

Selanjutnya, hidup nge-kos.
Ini adalah bulan kedua gw hidup nge-kos. Sebetulnya dibilang ngekos, kurang tepat juga buat gw. Karena ya tempat yang gw tinggalin itu sebenarnya rumah pribadi yang nggak di-kos-in. Cuma yang mau disorot adalah cara hidupnya. Tentunya hidup nge-kos ga bisa seenaknya seperti hidup di rumah, karena kita tinggal bersama orang lain yang (99%) bukan keluarga kita. Mulai dari makan, ya sukur kalo di tempat kos ada dapur/kulkas, kalo yang cuma kamar doang berarti harus hunting tempat makan enak+murah+bergizi.

Selanjutnya, barang - barang. Disarankan selalu mengunci pintu kamar setiap mau pergi. Karena ya tidak tertutup kemungkinan barang bisa hilang. Pokoknya harus jaga barang masing - masing. Begitu juga barang berbentuk makanan. Klise sekali makanan hilang di kos waktu disimpan di kulkas. Dikasih nama aja bisa ilang, gimana cuma ditaro. Harus ada kesadaran masing - masing.

Yang ketiga, jam malam. Banyak kos yang menerapkan jam malam. Misalnya, di atas jam 10 harus udah pulang, kecuali izin sama penjaga kos. Jadi kita ga bisa seenaknya kayak di rumah, pulang jam berapa aja suka - suka.

Terus, hal yang harus diperhatikan dalam mencari kos.
Yang pertama, lokasi. Sebaiknya cari yang dekat dengan kampus/tempat kerja. Selain menghemat waktu, bisa menghemat biaya juga. Kalau kelas kosong 2 jam, bisalah istirahat sebentar di kos.

Yang kedua, bangunan/kamar dan fasilitas. Cari kos yang pas, jangan kegedean (bingung mau ngapain) ataupun kekecilan (ga perlu dijelasin). Disarankan cari kos yang menghadap cahaya matahari dan ada jendela ke luar. Perhatikan juga fasilitas seperti cuci gosok, TV, kamar mandi dalam/luar, listrik, lemari, dll. Hal ini sedikit banyak juga berkaitan dengan biaya. Tentukan dulu budget kita sebelum mencari kos.

Lalu, lingkungan. Tentunya semua mau tinggal di lingkungan yang baik. Kalau ingin enak belajar, cari tempat kos yang suasananya nyaman, larangan merokok, juga kalau bisa banyak mahasiswa sekampus.

0 komentar:

Posting Komentar

Please mind your words before comment^^